Hikmah Ketika Sakit

Hampir dipastikan setiap orang pasti sudah pernah merasakan sakit, entah itu sakit ringan atau sakit berat. Terkadang kita sebagai manusia sering mengeluh ketika terserang sakit. Saya coba googling tentang hikmah di balik orang sakit menurut Islam. Dan, voilaa! Ini ada beberapa jawaban yang sedikit banyak akan merubah cara pandang kita dalam menyikapi suatu penyakit (In My Humble Opinion)🙂

sick

1. Sakit dapat menjadi kebaikan jika kita bersabar.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin, sesungguhnya semua urusannya merupakan kebaikan, dan hal ini tidak terjadi kecuali bagi orang mukmin. Jika dia mendapat kegembiraan, maka dia bersyukur dan itu merupakan kebaikan baginya, dan jika mendapat kesusahan, maka dia bersabar dan ini merupakan kebaikan baginya. (HR. Muslim).

2. Sakit dapat menghapuskan dosa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya,” Janganlah kamu mencaci maki penyakit demam, karena sesungguhnya (dengan penyakit itu) Allah akan mengahapuskan dosa-dosa anak Adam sebagaimana tungku api menghilangkan kotoran-kotoran besi. (HR. Muslim)

3. Sakit dapat mengingatkan hamba Allah atas kelalaiannya.

Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus (para rasul) kepada umat-umat sebelummu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri. (QS. al-An’am: 42) yaitu supaya mereka mau tunduk kepada-Ku, memurnikan ibadah kepada-Ku, dan hanya mencintai-Ku, bukan mencintai selain-Ku, dengan cara taat dan pasrah kepada-Ku. (Tafsir Ibnu Jarir)

4. Dengan sakit, kita akan mengetahui betapa besar nikmat ketika sehat.

Ibnul Qoyyim  “Andaikata kita bisa menggali hikmah Allah yang terkandung dalam ciptaan dan urusan-Nya, maka tidak kurang dari ribuan hikmah (yang dapat kita gali). Namun akal kita sangatlah terbatas, pengetahuan kita terlalu sedikit dan ilmu semua makhluk akan sia-sia jika dibandingkan dengan ilmu Allah, sebagaimana sinar lampu yang sia-sia di bawah sinar matahari.”

Begitulah kira-kira hikmah dibalik rasa sakit. Tulisan ini juga sebagai pengingat agar ketika sakit tak lupa untuk berusaha bersabar, memohon petunjuk kepada Allah SWT namun bukan berarti kita menikmati terus-menerus sakit yang kita derita, tetap harus berjuang melawan sakit yang menyerang kita tanpa lupa memohon petunjuk kepada-Nya.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Amien.

Source: dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s